Masker

Untuk para wanita perawatan kulit itu sagatlah diperlukan karena akan membantu membuat kulit terlihat segar dan bersih salah satu perawatan yang sering di lakukan adalah masker. Kita juga dapat maskeran di rumah ko ga perlu pergi kesalon atau tempat kecantikan bahan-bahan yang di gunakan pun mudah di dapat dan sagat alami.

Fungsi masker adalah untuk membuka pori-pori yang tersumbat serta menghilangkan kotoran pada kulit wajah. Selain itu masker juga dapat mengembalikan kelembapan dan kehalusan kulit.

Sebelum kita menggunakan masker kita harus tau dulu jenis kulit wajah kita karena setiap jenis kulit mempunyai jenis masker yang berbeda-beda. Sebaiknya gunakan masker 1-2 kali dalam seminggu.

Berikut ini adalah beberapa masker dengan bahan alami yang mudah di dapat dan mudah untuk membuatnya.

1. Masker Putih Telur

Fungsinya : Mengencangkan kulit wajah
Caranya : Pisahkan putih telur dengan kuning telurnya. Campurkan putih telur dengan jeruk nipis dan madu. Lalu gunakan pada wajah selama 10 menit, dan bersihkan dengan air hangat. Cocok untuk kulit wajah normal dan cenderung berminyak.

2. Masker Kuning Telur

Fungsinya : Kuning telur yang mengandung banyak vitamin A, mampu membantu menghilangkan noda bekas jerawat.
Caranya : Pisahkan kuning telur dengan putih telurnya. Cukup oleskan kuning telur ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit. Bersihkan dengan air dingin. Cocok untuk kulit wajah berminyak.

3. Masker Beras

Fungsinya : Memutihkan dan mengencangkan kulit
Caranya : Beras direndam selama semalam, lalu ditumbuk sampai halus hingga menjadi bubuk. Lalu dijemur hingga kering, bisa dicampur madu jadikan seperti masker bedak. Setelah rata di pakai tunggu sekitar 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

4. Masker Lidah Buaya

Fungsinya : Menghaluskan wajah
Caranya : Lendir lidah buaya diambil, langsung oleskan pada wajah secara merata, tunggu sampai mengering lalu bilas dengan air hangat.

5. Masker Pepaya

Fungsinya : Menghilangkan jerawat.
Caranya : Pepaya dihaluskan dengan blender. Boleh dicampur dengan jeruk nipis. Setelah halus,tempelkan pada wajah selama 15-20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

6. Masker Nanas

Fungsinya : Menyegarkan kulit
Caranya : Nanas dikupas kulitnya, dan diparut. Lalu oleskan pada wajah, dan diamkan selama 5-10 menit, setelah kering lalu dibersihkan.

7. Masker Madu

Fungsinya : Melembutkan wajah
Caranya : Oleskan madu keseluruh wajah, memang madu lengket dan memakainya terasa tidak nyaman, tapi jika rutin memakainya kulit wajah akan halus dan lembut. Untuk kulit sensitif dan bermasalah, campurkan madu dengan oatmeal. Setelah masker madu kering, lalu bilas dengan air hangat.

8. Masker Bengkoang

Fungsinya : Memutihkan dan menghilangkan noda hitam di wajah
Caranya : Campur masker bengkoang dengan air mawar. Kemudian oleskan ke seluruh wajah. lalu bilas dengan air.

9. Masker Tomat

Fungsinya : Menghaluskan wajah, melincinkan kulit wajah menghilangkan noda hitam dan jerawat di wajah.
Caranya : Pilih tomat yang segar. Usapkan tomat yang sudah di potong ke wajah, dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air hangat.

10. Masker Apel

Fungsinya : kandungan zat anti lemaknya mampu mengangkat kotoran yang menempel pada kulit wajah.
Caranya : Haluskan apel dengan blender. Kemudian oleskan pada wajah, biarkan hingga 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Cocok untuk kulit berminyak karena kandungan zat alami pada apel bisa menetralisir minyak yang berlebih pada wajah.

11. Masker Pisang

Fungsinya : Membuat kulit akan tampak lebih mulus serta bersih
Caranya : Lumatkan 1/2 potong buah pisang, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan bilas lagi dengan air dingin.

12. Masker Anggur

Fungsinya : Mengurangi kerutan pada wajah.
Caranya : Potong buah anggur menjadi 2 bagian, lalu oleskan potongan tersebut (dengan bagian yang berair bersentuhan dengan kulit wajah) pada wajah sampai leher, serta pastikan area yang mulai menampakan kerut tak terlewatkan. Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih, lalu keringkan.

13. Masker Wortel

Fungsinya : Wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi serta sumber vitamin C dan potasium.
Caranya : Rebus wortel lalu hancurkan hingga lembut. Campurkan dengan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga 10 menit. Bersihkan dengan air dingin. Cocok untuk kulit normal dan cenderung berminyak.

Itulah bahan alami yang dapat kita gunakan untuk di jadikan masker pada wajah kita semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

6 pemikiran pada “Masker

Tinggalkan komentar